Bunga-Bunga Unik Nan Cantik

Temen-temen suka bunga gak? Pasti suka dunk ya..., kecuali bunga kamboja (hikhik... ^_^) Bunga identik dengan keindahan, cinta, kasih sayang, kedamaian, ya.. pokoknya yang bagus-bagus dech... Nach.., buat temen-temen yang suka bunga, nich ada beberapa bunga yang unik and cantik banget kalo dilihat. Kenapa kubilang unik? Ya karena memang unik... (hayyah... :P)

Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum Becc)

Eww.., syerem yak namanya?? Hehe... Sekedar informasi kalo bunga ini merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatera, Indonesia, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia.

Dinamai bunga bangkai karena memang baunya yang kayak bangkai membusuk. Bau bunga ini sbenarnya punya maksud, yaitu buat ngundang kumbang sama lalat supaya jadi penyerbuk bagi bunganya.

Bunga yang udah resmi jadi bunganya provinsi Bengkulu ini merupakan bunga langka Indonesia yang musti dilindungi keberadaannya.



Raflesia Arnoldi

Banyak orang bilang kalo Raflesia Arnoldi tuh sama dengan Bunga Bangkai. Padahal, biarpun sama-sama punya ukuran besar dan baunya busuk, tapi Raflesia dan Bunga Bangkai (Amorphpophallus titanium) beda alias gak sama. Perbedaan itu bisa diliat pada klasifikasi biologi, bentuk, warna, cara dan siklus hidupnya.

Rafflesia adalah bunga parasit. Ditemuin sama seorang pemandu dari Indonesia yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold tahun 1818 di hutan hujan Indonesi. Nama Raflesia Arnoldi diambil dari nama nama Thomas Stamford Raffles, pemimpin ekspedisi itu. Uniknya, selain ukuran dan baunya yang busuk, tumbuhan ini juga gak punya batang, daun ataupun akar yang sesungguhnya.


Edelweis (Javanese edelweiss)










Ini nich, bunga yang kabarnya bisa hidup abadi.. (masa sichh..?!) Yang pasti fren, gak ada yang abadi dalam hidup ini, trust me... (yayaya... ;)) Bunga yang sering banget dijadiin lambang cinta, ketulusan, pengorbanan, dan keabadian ini sekarang dikategorikan sebagai tanaman langka. Tumbuh endemik di berbagai pegunungan tinggi di Indonesia. Tumbuhan ini bisa mencapai ketinggian maksimal 8 m dengan batang mencapai sebesar kaki manusia walaupun umumnya gak lebih dari 1 m.


Bunga Kantung Semar (Pitcher plants)










"Ni kembang apa hubungannya sama si Petruk ya?". Hushh..!! Ini tanaman pemakan hewan terutama serangga tau.. (carnivorous plants). Tanaman ini banyak menyebar di daerah Kalimantan (Borneo) termasuk juga Sabah, Gunung Kinabalu (Malaysia) dan Sulawesi. Bagus juga lho buat tanaman hiasan dalam pot yang bisa digantung diserambi rumah. Btw, alhamdulillah ya bunganya kecil, coba kalo segede orang?? Hiiyy.., makanannya apa tuh... :/

0 Response to "Bunga-Bunga Unik Nan Cantik"

Poskan Komentar